fbpx

Animasi Flash

Apakah Animasi Flash sudah mati? Nah…saya akan mempaparkan mengenai Adobe Flash. Flash dahulu bernama Macromedia Flash yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari Flash mempunya file extension, SWF dan dapat diputar dipenjelajah web yang  telah dipasangiAdobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis dengan versi Flash 1.0 pada tahun 1996, setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasang dengan menggunakan nama Macromedia Flash 8, pada 3 Desember 2005 Adobe System mengakui isi dan seluruh produknya. Sehingga Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Baca Juga:

Mau Menciptakan Karakter Animasi? Kenali Dulu Jenis-Jenis Animasi Ini !

Adobe selaku pengembang aplikasi Flash, memang sudah mengumumkan melalui web resminya pada akhir tahun 2015, bahwa kedepannya tidak ada lagi Adobe Flash versi terbaru. Namun itu semua hanyalah perubahan nama dari Adobe Flash menjadi Adobe Animate dan ditambahkannya sejumlah fungsi yang lebih lengkap. Di dalam aplikasi Adobe CC 2017 juga tersedia versi baru Adobe Powerful. Sekarang pertanyaannya apakah Adobe Animate merupakan jawaban kebutuhan pada saat ini?


Baca ya:

Tips Menjadi Animator Sukses dengan Mengikuti Training Animasi bersama Flashcom Indonesia

  1. Adobe Animate mendukung HTML5

Hampir semua aplikasi browser kini sudah menghentikan dukungannya terhadap Flash Player. Untuk menyiasati hal tersebut, Adobe Animate mempersilakan pengguna untuk mempublish animasi dan interaktif yang dibuat ke dalam format HTML5.

  1. Output yang beragam dan multiplatfrom

Tidak hanya aplikasi memilki beragam output, seperti Adobe Animate yang merupakan perubahan dari Adobe Flash. Pengguna dapat menghasilkan output tang dapat disajikan dalam berbagai website, dekstop, dan mobile. Untuk dapat menyajikannya melalui website, pengguna dapat memilih antara HTML5 Canvas dan WEBGL. Dari kedua format tersebut tidak membutuhkan plugin khusus seperti Flash Player sebelumnya.

  1. Meggambar dan menganimasikannya

Flash dulu dikenal sebagai Software pembuat Animasi, kini juga tetap dipertahankan dengan mengubah fitur yang lebih lengkap dan mudah pengopraisannya.

  1. Integrasi maksimal dengan Adobe CC

Sebagai produk dari Adobe CC (Creative Clouds), Adobe Animate terintegrasi dengan alur kerja Creative Clouds yang dibangun oleh Adobe. Mulai dari library yang dapat mengambil dan menyimpan aset secara instan, koleksi font yang lengkap dari typekit, hingga Adobe Portofolio yang memudahkan anda untuk memanjangkan karya secara online langsung dari aplikasinya.

Jadi, Flash mungkin sudah mati dan mulai dilupakan oleh kalangan pengguna dan penikmat media saat ini. Namun bagi para desainer dan developer yang sudah akrab dengan alur kerja di dalam aplikasi Adobe Flash, bermigrasi ke Adobe Animate merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.