fbpx

Web Programming Pemula hingga Mahir

apa saja yang harus dipelajari web programing dan apasih web programming itu? Disini kita akan bahas sedikit tentang web programming, bagi kalian yang penasaran gimana sih cara membuat web programming? Pada dasarnya ada beberapa urutan membuat sebuah web programming.

  1. HTML & CSS

HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML wajib dikuasai untuk membuat web, karena HTML berfungsi untuk menampilkan komponen-komponen dasar website, seperti link, tulisan, garis, dan lain-lain.


CSS (Cascading Styles Sheet)

CSS berfungsi untuk mempercantik tampilan, contohnya mempercantik HTML yang sudah kita buat sebelumnya. CSS juga dapat membuat efek-efek sederhana pada tampilan website.

  1. PHP

Tahap berikutnya adalah PHP, fungsi PHP sangat penting untuk website, contohnya dapat digunakan untuk berinteraksi dengan database seperti MySQL, interaksi anatar user dan pengunjung website. PHP juga dapat menyisipkan logika-logika sintaks HTML yang telah dibuat sebelumnya.

  1. JAVASCRIPT

Fungsi JavaScript ialah untuk membuat halaman website yang lebih interaktif,  seperti meng-klik sebuah tombol, menampilkan pesan kesalahan, game onlin, hingga membuat animasi.

Baca Juga:

Sedang Cari Kursus Programming Surabaya? Flashcom Indonesia Adalah Pilihan Yang Tepat

Selain ketiga komponen diatas, untuk menyempurnakan dan lebih mempercantik tampilan website yang telah dibuat, seharusnya juga mempelajari JQUERY, AJAX, FLASH, dan lain-lain. JQUERY dapat membuat animasi-animasi dan effect yang baik, yang tentu saja akan membuat tampilan website lebih cantik dan menarik.

Web Developer juga membutuhkan FRAMEWORK. Apa itu FRAMEWORK?

FRAMEWORK sangat banyak keuntungannya, seperti memudahkan dan mempercepat proses develop, keamanan dan kompabilitas. Hampir semua Web Developer Profesional menggunakan FRAMEWORK untuk membuat sebuh web. Ada banyak FRAMEWORK yang telah diciptakan, contohnya seperti Codeigniter, ZEND PHP, Kohana, Panada, Yii, dan lain-lain. Untuk pemula sebaiknya mempelajari Codeigniter terlebih dulu, karena dokumentasi Codeigniter sangat lengkap dan mudah dipahami serta dipelajari.

Selain HTML, CSS, PHP, JAVASCRIPT, dan lain-lain ada juga yang dapat dipelajari yaitu JAVA Applet, Ruby on Rails, Python, dan bahasa pemrograman lainnya yang telah mendukung pemrograman berbasis web. Bagaimana? kini anda telah mengetahui Apa Saja yang Harus Dipelajari Web Programming Pemula hingga mahir bukan? meski cukup banyak, namun akan sangat penting sekali untuk karir yang anda jalankan.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.