Flashcom Whatsapp
IT training provider

Software Membuat Animasi

Kata Animasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, karena anda bisa menemukannya diberbagai macam platform media social maupun media lainnya, termasuk juga Software Membuat Animasi. Terdapat banyak sekali jenis-jenisnya, mulai dari 2D animation, 3D animation, stop motion dan lain sebagainya. Bagi anda yang penasaran apa saja software yang bisa digunakannya, simak uraian berikut ini.

Animasi berasal dari bahasa lain yaitu anima yang secara harfiah berarti jiwa (soul), atau animare yang berarti nafas kehidupan (vital breath). Dalam bahasa inggris, animation berasal dari kata animated atau to animate yang berarti membawa hidup atau bergerak. Sedangkan berdasarkan istilah, berawal dari semua penciptaan kehidupan atau meniupkan kehidupan dalam obyek yang tidak bernyawa atau benda mati (gambar). .

Aplikasi yang digunakan Animasi 2D

Software animasi 2D merupakan software yang seringkali digunakan dalam pembuatan animasi tradisional (flat animation). Pada umumnya memiliki kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak dan waktu, dan juga mengimport suara. Sedangkan dari sisi penggunaannya, tidaklah sulit. Sebab terdapat beberapa jenis yang bisa anda gunakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, antara lain sebagai berikut.


  • Adobe Flash merupakan salah satu software terbaik untuk membuat gambar bergerak dua dimensi. Dengan memiliki beragam fitur serta tutorial yang bisa ditemukan dengan mudah melalui Youtube maupun situs resmi Adobe. Tutorial yang disajikan cukup beragam, baik dari dasar penggunaan hingga tingkat tersulit.
  • Anime Studio, Anda pecinta anime atau dikenal dengan kartun jepang? maka software anime studio sangat cocok untuk digunakan dalam membuat gambar animasi yang cantik dan juga menarik. Karena umumnya dirancang untuk menggambar dan membuat video anime.
  • Synfig Studio merupakan software animasi 2D yang user friendly, dimana anda bisa belajar membuat animasi 2d pertama kali dengan mudah tanpa perlu buku panduan ataupun tutorial.
  • Strach, selain software gratis dan juga disupport multi platform, strach memang ditujukan untuk para pemula dalam hal animation editing. Sehingga fitur didalamnya sangat standar untuk pemula, artinya hanya terseda tools dasar saja. 

Baca juga:

Kursus animasi

Aplikasi yang digunakan Animasi 3D

Software animasi 3D memiliki fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan yang dimaksud yaitu, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, dan sebagainya. Selain itu, kemampuan khusus yang dimilikinya bisa menghasilkan animasi figure (manusia), landscape (pemandangan), title (judul) dan masih banyak lagi lainnya. Meski terbilang rumit dan memerlukan pengetahuan yang cukup tinggi, tidak ada salahnya buat anda coba. Berikut diantaranya

  • Blender merupakan salah satu software animasi 3D yang support multi platform, bisa untuk penggua Windows, Linux, maupun Mac OSX. Selain itu juga menyediakan source code, artinya bebas dikembangkan oleh siapa saja untuk berbagai macam kepentingan.
  • 3D Studio Max sebuah perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi yang ditulis oleh Autodesk Media dan Entertainment. Kelebihan yang dimilikinya yaitu dapat membuat object virtual 3D lebih realistis dan pengguna bisa memberikan efek khusus seperti cahaya, bayangan, petir dan lainnya.
  • Macromedia Director merupakan program yang dirancang secara khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Anda bisa membuatnya sebagai media presentasi maupun media interaktif untuk membuat CD. Bahkan juga memiliki kemampuan menciptakan konten halaman website dalam bentuk shockwave.
  • Adobe After Effect sebuah software yang memiliki efek visual sangat baik dan paling populer dalam pembuatan Animasi Motion Graphic. Apalagi menyediakan fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan oleh pemula, membuat project dengan ratusan preset yang bisa disesuaikan dan template hingga streamline antarmuka.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel
dibimbing langsung oleh ahlinya
Customer Service

Hotline 0-811-3380-114
WhatsApp 085735948460
CS(at)Flashcomindonesia.com

Social Media
Office Hours

Monday - Saturday
09:00 - 21:00