fbpx

Apa itu Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing sering sekali menjadi pertanyaan yang ada dibenak sebagian orang, baiklah, min Aai dari perusahaan Flashcom Indonesia bakal menjelaskannya, dan semoga bisa menjadi pencerah untuk Anda sekalian. Dimulai dari pengertiannya dahulu ya, Digital Marketing yang jika dijadikan bahasa Indonesia adalah Pemasaran Digital. Lalu, timbul pertanyaan berikutnya, yaitu:

Apa yang dilakukan pada Digital Marketing?

Seluruh kegiatan digital marketing adalah mempromosikan suatu brand atau merek yang dengan menggunakan media digital, untuk menjangkau audiens atau market ataupun juga sering disebut pasar dari suatu target brand tersebut yang ingin disasar. Sebagai contoh: Muda, Profesional, Berpendidikan, atau juga bisa berdasarkan kota, dan tentu masih banyak lagi kriteria target pasarnya. Sebelum kita mengetahui lebih dalam tentang apa saja yang akan dilakukan pada digital marketing, juga perlu diketahui terlebih dahulu tujuan dari Digital Marketing, adapun tujuan dari Digital Marketing adalah untuk menarik konsumen atau target market dan calon konsumen secara cepat dan tepat.

Ditengah-tengah persaingan bisnis ataupun usaha yang sedang dikembangkan, tentu saat ini sangat diperlukan adanya aktivitas Digital Marketing yang secara sistematis, terstruktur, masif, dan jujur tentunya (mimin sebut, STMJ). Keahlian ini memiliki beberapa elemen didalamnya, walaupun jika melihat refrensi-refrensi dari situs lainnya cukup banyak dan sering sekali membuat Anda jadi kebingungan, bukan?. Namun, disini mimin bakal menyebutkan minimal Anda harus memahami lima konsep Digital Marketing berikut ini:


  • Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan dari SEO adalah upaya untuk membuat situs (website atau blog) Anda menjadi peringkat pertama pada segudang kata kunci. Sedangkan kegiatan-kegiatan didalamnya cukup banyak, mulai dari secara rutin menerbitkan artikel yang berkualitas dan original, memiliki konten visual setiap postingan dengan memperhatikan file name dan alt teks didalamnya, jika memungkinkan berilah visual yang berisikan informasi (seperti infografis atau video penjelasan), mempertimbangkan backlink secara kualitas dan kuantitas, berupaya meningkatkan domain authority juga page authority setiap halaman yang dimiliki.

Singkatnya, pada SEO ini adalah upayakan Anda memahami cara kerja beserta elemen apa saja yang menjadi fokus dari mesin pencarian, seperti: Google, Yahoo, Bing, dan lainnya

  • Search Engine Marketing (SEM)

Apa itu Search Engine Marketing (SEM) adalah pertanyaan yang sangat wajar dan mendasar bagi Anda yang masih belum paham. Berikut adalah penjelasannya, Search Engine Marketing merupakan aktivitas mengiklankan situs (website atau blog) Anda secara berbayar pada mesin pencarian. Tindakan ini tentu akan lebih cepat dan tepat, karena seluruhnya berbayar. Sebagai contoh: jika Anda ingin mengiklankan situs pada Google, maka perlu dipelajari bagaimana cara penggunaan tools Google Ads, demikian pula untuk mesin pencarian yang lainnya. Tinggal seberapa kuat anggaran iklan yang dimiliki untuk dipakai.

Mau Mahir Digital Marketing dengan mudah dan cepat? Segera daftar Kursus Digital Marketing bersama Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan Fast Response dapat dihubungi by WhatsApp atau Hotline 0-811-3380-114

  • Social Media Optimization (SMO)

Apa itu Digital Marketing - Flashcom IndonesiaSeluruh channel media sosial yang Anda miliki harusnya mulai sekarang di-optimasi, karna setelah Anda memahami bahwa pentingnya tindakan-tindakan optimalisasi media sosial untuk keberhasilan usaha ataupun bisnis Anda. Sebab, saat ini cukup besar sekali pengguna media sosial di Indonesia. Maka, mulailah perbaiki postingan media sosial Anda sekarang juga, dan bukan hanya itu saja, karna diperlukan juga keberlangsungan postingan apa saja yang Anda jadwalkan secara regular ke depan pada masing-masing media sosial tersebut. Ohia, media sosial itu cukup banyak dan memiliki fokus audiens masing-masing. Beberapa diantaranya adalah: Facebook, Instagram, Linkedln, Pinterest, Youtube, Tik-Tok, dan masih banyak lagi. Terpenting dari strategi Social Media Optimization (SMO) ini adalah bagaimana Anda merapikan postingan, lalu ciptakanlah konten yang yang menarik perhatian dan shareable, tentunya disesuaikan dengan target market Anda masing-masing.

  • Social Media Marketing (SMM)

Secara sederhana-nya Social Media Marketing (SMM) ini melakukan pemasaran digital secara berbayar, mirip dengan poin Search Engine Marketing (SEM), namun demikian, kegiatan ini memerlukan keahlian khusus pula, sebab kita harus mempunyai keahlian menggunakan tools periklanan masing-masing media sosialnya, sebagai contoh: Facebook Ads.

Peralatan-peralatan yang ada di Facebook Ads cukup kompleks, mulai dari market segmented yang dibutuhkan hingga kapan waktu yang tepat (sebagai contoh: hari besar atau waktu-waktu tertentu). Sebelum Anda melakukan aktivitas Search Engine Marketing (SEM) ini, pastikan terlebih dahulu Anda telah merapikan media sosial, agar ketika orang mengunjungi chanel media sosial Anda, terlihat bahwa akun Anda adalah akun yang terpelihara dan dikelola dengan baik dan benar.

Contoh di atas masih Facebook Ads tools, belum sosmed lainnya.

  • Online Reputation Marketing (ORM)

Betapa pentingnya Online Reputation Marketing (ORM) dari sebuah brand ataupun bisnis yang Anda kelola. Sebab, dari sanalah terpancar sentimen positif atau malah negatif melalui pemasaran digital. Adapun strategi ini adalah untuk mengontrol segala interaksi, aktivitas, dan feedback terhadap sebuah brand, khususnya yang terjadi pada digital, dan termasuk didalamnya adalah gambar ataupun video yang tersebar pada internet (khususnya pada mesin pencarian seperti Google). Tujuannya adalah bagaimana orang (khusunya netizen, yang budiman hingga yang julid) melihat atau memiliki persepsi terhadap sebuah brand yang Anda kelola.

Wajib Tau, inilah 5 Skill Digital Marketing yang Harus Anda Miliki Tahun 2020

Mulai dari mana Digital Marketing itu?

Tentunya seluruh elemen yang di atas sangat dibutuhkan untuk Anda kuasai. Jika saat ini Anda belum punya tim yang fokus untuk mengerjakannya, maka mulailah dari Anda sendiri yang mengerjakannya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.