fbpx

Animasi dengan Motion Graphic

Bagi anda yang sudah lama berkiprah di dunia animasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah motion graphic, tapi anda yang baru berkecimpung dalam dunia animasi mungkin masih asing dengan istilah motion graphic ini. Tapi sebenarnya sudah sering kita melihat dan menik mati animasi dengan motion graphic ini, tapi kita tidak tau kalau itu adalah animasi motion graphic. Baiklah bagi anda yang ingin mengenal motion graphic saya akan menjelaskan apa itu motion graphic.

Motion graphic adalah subset dari desain grafis karena dalam pembuatannya menggunakan prinsip desain grafis, melalui penggunaan animasi atau teknik filmis. Biasa disebut juga dengan invisible art karena komponen ini terlihat tapi tidak disadari oleh orang yang melihat sebuah film atau produk video konteks ( media visual lainnya). Contohnya Tipografi dan grafis yang bisa dilihat sebagai title pada sebuah film, Bumper, dan elemen grafis yang muncul di layar kaca. Kesimpulannya sebagai besar Grphic Design yang tampil dalam media elektronik audio visual adalah motion graphic.

Baca Lainnya:

Cara Membuat Animasi Terlihat Lebih Nyata dalam Kursus Animasi Multimedia Surabaya

Dasar dari moton graphic adalah desai grafis, anda juga bisa menuangkan ide kreatif tidak hanya pada gambar atau ilustrasi saja, tapi juga pada sebuah video, animasi dan audio. Seiring dengan perkembangan teknologi yaang terjadi di era modern seperti sekarang ini, berdampak juga dengan perkembangan moton graphic yang semakin pesat. Sudah banyak software pendukung untuk mengolah karya motion graphic, seperti


  • Adobe After Effects
  • Autodesk Combustion
  • Autodesk Flint Or Flame
  • Maxon Cinema 4D
  • Softimagae XSI
  • Autodesk Maya or 3D Studio Max
  • Blender, dll.

Secara tehnik saat anda menggunakan aplikasi motion graphic, maka aplikasinya berorientasi pada obyek, dan media berupa still dengan format pixel atau vector, data video dan audio. Dalam aplikasi dapat membuat sebuah komposisi yang didalamnya terdapat timeline, resolusi, hitungan jumlah frame dan ukuran. Saat membuat komposisi anda bisa memasukan media lebih dari satu, yang akan muncul di dalam composition window dan juga timeline. Tiap media bisa disusun masing-masing sebagai layer yang terdapat properti pengaturan untuk memanipulasi, seperti posisi (X, Y, dan Z), perputaran, ukuran, opacity, dll. Setiap layer dapat digabungkan satu sama lain. Setiap manipulasi yang dilakukan dapat dibuat keyframe untuk menentukan nilai dari tiap waktu yang ditentukan untuk manipulasi. Prinsip praktis ini berlaku untuk program komposisi maupun animasi. Bagi anda yang ingin melihat portofolio motion graphic dari motion designer yang mendunia sebagai motifasi dan inspirasi bagi anda.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.