fbpx

Materi Penting Akuntansi

Apa anda ingin menjadi seorang Akuntan yang profesional atau anda sendang berkarir menjadi akuntan. kali ini saya akan membahas mengenai Akuntansi, jadi akuntan wajib baca ini. Sebelumnya saya pernah juga membahas seputar dunia akuntansi, anda bisa melihatnya disiniAkuntansi dibagi sesuai dengan jenias dan fungsinya, jadi ada beberapa akuntansi di dalam sebuah perusahaan. Saya akan mempaparkan jenis dan fungsi Akuntansi.

  • General Accounting (Akuntansi keuangan)n : Jenia akuntansi ini yang paling dikenal masyarakat. Pada dasarnya, akuntansi keuangan mencakup berbagai pencatatan dan penyajian laoran keuangan dalam suatu periode. Laporan keuangan tersebut akan digunakan oleh pihak yang berkepentingan, baik pihak internal atau eksternal di dalam perusahaan.
  • Cost Accounting (Akuntansi Biaya) : Pengertian akuntansi biaya adalah akuntansi yang mengelola segala biaya perusahaan yang berfungsi mengendalikan dan membuat perencanaan akan biaya pada operational perusahaan. Perencanaan dan pengenadalian biaya kemudian dibuat sebagai landasan menentukan harga.
  • Auditing (Akuntansi Audit) : Sesuai dengan namanya, akuntansi audit adalah akuntansi yang bertugas melakukan audit. Dengan kata lain, akuntansi ini mencakup pemeriksaan transaksi dan laporan keuangan. Akuntansi audit juga memberikan penilaian atau opini mengenai laporan keuangan yang diberikan.

Baca Lainnya:

Flashcom Indonesia dipercaya oleh PT Angkasa Pura I dalam Training Excel Advanced

Itu adalah sebagian dari fungsi akuntansi yang ada di perusahaan, lalu bagaimana cara menjadi akuntansi yang handal atau profesional. Pertama harus konsiten, sebagai akuntansi yang profesional kita harus konsiten dengan apa yang di lakukan atau dengan tujuan kita. Agar apa yang sudah direncakan dan dirancang bisa tercapai. Lalu Akurat, bicara mengenai akuntansi kita sudah mempunyai gambaran, bahwa akunatnsi akan berkecimpung dengan hitungan dan uang. Jadi laporan yang akan kita buat akan berhubungan dengan hitungan, kita harus bisa membuat hitungan dan laporan yang akurat. Apa bila terjadi ksalahan dan terjadi ketidak akuratan maka karir kita bisa terancam. Kemudian Detail, akurasi membutuhkan detail, tanpa adanya detai maka akurasi tidak akan tercapai. Karena yang kita lakukan sebagai akuntansi akan dipertanggung jawabkan berupa laporan yang kita buat. Logis dan terukur, juga merupakan kriteria akuntansi profesional.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.