fbpx

Cara Riset Keyword Untuk Website

Memilih kata kunci atau keyword yang tepat merupakan hal penting, sebab dapat mempengaruhi performa blog atau website mu. Setiap penulis blog maupun website, harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Secara global, pencarian di Google mencapai 3,5 milyar perharinya. Penelitian menunjukkan bahwa 75% pencari hanya membuka artikel di halaman pertama hasil pencarian. Dengan memilih kata kunci yang tepat, blog atau website dapat lebih mudah berada di peringkat teratas hasil pencarian. Berikut 9 Cara Riset Keyword Paling Jitu Untuk Website secara gratis, diantaranya

Ubersuggest

Ubersuggest merupakan keyword tool yang dimiliki digital marketer ternama, Neil Patel. Kamu bisa menggunakan keyword tool ini dengan mudah dan gratis. Tinggal mengetik keyword yang ingin digunakan dan wilayah yang ditargetkan.

Google Trends

Tidak hanya menyediakan mesin pencarian, melainkan juga menyediakan tool yang dapat kamu gunakan untuk riset keyword. Kabar baiknya lagi, layanan keyword tool ini disediakan secara gratis. Kamu bisa mengatur wilayah sesuai negara yang ditargetkan.


KWFinder

Sama dengan uberseuggest, Kwfinder ini memberikan informasi volume pencarian, tingkat kesulitan dan SERP dari sebuah keyword. Kekurangan dari Kwfinder ialah tidak sepenuhnya gratis, kamu hanya bisa mencari dua kata kunci secara gratis. Untuk melanjutkan pemakaiannya, kamu harus mendaftar sebagai anggota dan melakukan riset keyword setiap 24 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian.

MOZ

Untuk dapat menggunakan fitur-fitur ini, kamu perlu mendaftar sebagai anggota. Setelah itu akan mendapatkan 10 riset keyword. Selain itu kamu juga mendapatkan kesempatan free trial selama 30 hari, selebihnya akan dikenai tagihan 197 US Dollar per bulan.

SEMrush

Sebelum menggunakan SEMrush, kamu harus mendaftar terlebih dulu secara gratis agar dapat mengakses nya dan melakukan riset keyword 10 kali pencarian  dalam 24 jam. Sayangnya akses akun gratis di SEMrush terbatas, kamu tidak dapat melihat semua saran kata kunci (Keyword Suggestion) yang dihasilkan.

Baca Juga ya:

Anda Ingin Membangun Website Dinamis dan Interaktif? Ikuti Kegiatan Kursus Website di Mojokerto

Answer The Public

Untuk keyword tool yang satu ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Answer The Public hanya menyediakan beberapa pilihan bahasa asing, salah satunya bahasa inggris. Meskipun itu, cara riset keyword dengan tool ini sangat direkomendasikan. Sebab saran yang diberikannya cukup lengkap dan komperehensif.

Soovle

Berbeda dari keyword tool sebelumnya, Soolve tidak memberikan informasi volume pencarian, tingkat kesulitan dan SERP. Soovle hanya memberikan saran long tail keyword populer di beberapa situs besar, seperti Google, Bing, Youtube dan sebagainya.

Google Related Search

Selain google trends, google juga menyediakan cara riset keyword lainnya. Setiap kali kamu melakukan pencarian dengan google related search, maka hasil yang disediakan tidak hanya mencakup artikel dengan kata kunci yang diketik. Tetapi juga memberikan saran long tail keyword dengan kata kunci yang dicari secara real time.

Keyword Shitter

Cara riset keyword dengan menggunakan keyword shitter cukup sederhana, kamu hanya perlu mengetik dan akan muncul berbagai saran long tail dengan kata kunci tersebut. Kamu bakal menemukan kata kunci yang sebanyak-banyaknya dan keyword tool ini bisa digunakan secara gratis.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.