fbpx

Jenis Phobia Teknologi Mengerikan

Phobia merupakan rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal atau fenomena. Bagi sebagian orang, perasaan seorang phobia sulit dimengerti. Hal ini dikarenakan memiliki rasa trauma yang membekas didalam kesadarannya. Ternyata phobia bisa menghambat kehidupan bagi penderitanya lho! Lantas apa saja 8 Jenis Phobia Teknologi Mengerikan bagi penderitanya? Berikut ulasannya,

Selfiephobia

Selfie merupakan salah satu tren dikalangan remaja saat ini, namun tahukah kamu jika ada orang yang mengidap selfiephobia lho! Biasanya penderita akan menganggap selfie sebagai hal yang nggak penting dan ditujukan pada orang-orang yang suka mencari perhatian orang lain. Tapi ada beberapa yang menganggap dirinya kurang menarik secara fisik dan takut menjadi bahan bully orang lain.

Mechanophobia

Phobia yang satu ini disebabkan oleh pengalaman traumatis terhadap mesin. Seperti kehilangan jari tangan atau kaki ketika mengoperasikan mesin. Gejala yang akan dialaminya yaitu merasa pusing, kenaikan suhu tubuh, gemetar dan sebagainya. Untuk bisa menyembuhkannya pun, perlu memahami ketakutan yang menjadi pemicu serta bagaimana untuk mengatasinya.


Technophobia

Penderita technophobia akan merasa takut terhadap majunya teknologi atau sebuah perangkat seperti komputer maupun smartphone. Dr. Larry Rosen, seorang psikolog riset mengatakan bahwa ada tiga subkategori technophobia, yaitu pengguna yang tidak nyaman, komputer kognitif, dan komputer tak berdaya. Hal ini menentang perkembangan teknologi modern untuk melestarikan ideologi mereka. 

Electrophobia

Electrophobia ialah ketakutan pada arus listrik atau setruman arus listrik. Penderita nya memiliki pengalaman buruk terhadap arus listrik karena hal yang mengejutkan bahkan bisa membuat seseorang terluka. Padahal semua benda saat ini selalu berhubungan dengan arus listrik.

Baca Juga ya:

Hanya 250K Anda Sudah Bisa Kursus Toko Online Surabaya bersama Kami

Telephonophobia

Zaman sekarang siapa sih yang tidak memiliki handphone? Namun, siapa sangka bahwa terdapat orang phobia untuk membuat atau menerima telepon lho ! Penderita mungkin tidak memiliki masalah saat berkomunikasi secara langsung, akan tetapi merasa kesulitan jika melalui telepon.

Cyberphobia

Cyberphobia merupakan penderita yang dianggap memiliki ketakutan irasional atau keengganan terhadap komputer. Bukan hanya itu saja, penderitanya pun takut atas ketidakmampuan untuk belajar tentang teknologi baru. Contohnya kasus ketika guru dipaksa mengubah cara mengajar mereka di era teknologi, sehingga penderita pun menganggap teknologi tidak diperlukan untuk kemajuan dalam kehidupan.

Hellenologophobia

Phobia yang satu ini sangatlah unik, namun ditakuti bagi penderitanya lho ! Hellenologophobia merupakan phobia terhadap bahasa yunani / istilah sains yang rumit, atau sebuah istilah yang belum pernah di dengar sebelumnya.

Nomophobia

Siapa nih yang saat bangun tidur langsung mencari handphone? Bahkan menjadi panik jika sinyal handphone menghilang, apalagi sering badmood saat baterai handphone akan habis. Nomophobia merupakan sebuah sikap yang ketergantungan dengan handphone, sering kali penderita merasa tidak bisa hidup tanpa adanya handphone.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.