Shortcut Input dan Menyalin Data

Shortcut merupakan cara untuk mempercepat pekerjaan pada suatu program di komputer. ketujuh shortcut ini sangat cocok digunakan dalam input data yang memiliki banyak kesamaan di lembar kerja Ms Excel. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Lantas, apa saja ketujuh shortcut input dan menyalin data tersebut? Berikut diantaranya,

Menyalin Data dari Atas ke Bawah

Shortcut 1: Ctrl+D


Fungsi shortcut ini untuk menyalin data dari baris sel yang berada diatasnya serta menyalin beberapa sel yang letaknya sebaris. Caranya, semisal kamu ingin menyalin isi sel A1, B1 dan C1. Maka pilih ketiga sel yang berada di bawahnya (A2, B2 dan C2) kemudian tekan tombol Ctrl+D.

Shortcut 2: Ctrl+” (Tanda petik dua)

Fungsi Shortcut untuk menyalin data dari sebuah sel yang berada di atasnya. Kamu bisa menempatkan data yang disalin ke sel yang sudah berisi data. Selain itu dapat menaruh salinan ini di depan atau belakang data yang sudah ada dengan memindahkan posisi kursor.

Shortcut 3: Ctrl+’ (Tanda petik satu)

Fungsi shortcut ini hampir sama dengan Ctrl+” yang bisa digunakan untuk menyalin data atau formula dari sebuah sel yang berada diatasnya.

Artikel Terkait:

Kursus akuntansi excel

Menyalin Data dari Kiri ke Kanan

Shortcut 4: Ctrl+R

Shortcut ini dapat menyalin isi satu atau beberapa sel yang berada di sebelah kiri. Caranya, misal kamu menyalin isi sel A1, A2 dan A3. Maka pilih ketiga sel yang berada di sebelah kanannya (B1, B2 dan B3) kemudian tekan tombol Ctrl+R

Menyalin Data dari Bawah ke Atas / Kanan ke Kiri

Shortcut 5: ALT+H+FI+U

Fungsi shortcut untuk menyalin satu atau beberapa sel ke baris di atasnya. Caranya bila kamu menyalin beberapa sel (A2, B2 dan C2) maka pilih juga ketiga sel yang berada pada baris diatasnya. (A1, B1 dan C1) kemudian tekan tombol shortcut tersebut.

Shortcut 6: ALT+H+FI+L

Fungsi shortcut: untuk menyalin satu atau beberapa sel ke kolom di sebelah kiri. Caranya bila kamu menyalin beberapa sel (B1, B2 dan B3) maka pilih juga ketiga sel yang berada di sebelah kirinya. (A1, A2 dan A3) kemudian tekan tombol tersebut.

Catatan untuk Shortcut 5 & 6: tekan tombol satu persatu, tidak harus bersamaan.

Menginput atau edit data pada beberapa sel secara sekaligus

Shortcut 7: Ctrl+Enter

Fungsi Shortcut untuk menempatkan atau edit data pada beberapa sel secara bersamaan, posisi sel tidak harus bersebelahan. Caranya yaitu, klik pada kumpulan sel yang ingin diedit. Tekan tombol F2 dan ketik data atau formula, kemudian tekan tombol Ctrl+enter.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Hotline 0-811-3380-114

WhatsApp 085735948460

CS(at)Flashcomindonesia.com

Office Hours

Monday - Saturday  09:00 - 21:00