fbpx

Hal Penting Kerja Sambil Kuliah

Saat ini, sebagian orang banyak yang bekerja sambil menempuh pendidikan atau duduk di bangku kuliah. Kebanyakan jadwal kuliah tidak seperti sekolah yang memakan banyak waktu, sehingga mahasiswa dapat mengisi waktu luangnya dengan bekerja dan bisa menambah uang saku  yang dimiliki serta dapat membiayai kuliah sendiri tanpa meminta orang tua. Meski begitu, jangan sampai melupakan kewajiban dan tugas sebagai pelajar serta tanggung jawabmu sebagai karyawan. Oleh karena itu, berikut 7 hal penting kerja sambil kuliah, Diantaranya,

Perhatikan Diri Sendiri

Memanfaatkan waktu kerja sambil kuliah memanglah benar, akan tetapi perhatikan pula kesehatanmu. Sebab kerja dan kuliah dengan kondisi buruk, tentunya akan merasa sulit dan kurang bersemangat. Sehingga jangan sampai berlebihan dalam menjalankan aktivitasmu, dalam artian memforsir waktu sebaik mungkin untuk istirahat dan sebagainya.

Melakukan Pengorbanan

Saat kamu mengambil keputusan kerja sambil kuliah, tentunya banyak hal yang harus dikorbankan. Misalnya waktu bersantai untuk nonton tv, bermain sosmed bahkan kumpul sama teman-teman. Semua aktivitas tersebut bisa saja kamu lakukan, namun durasinya saja yang harus dikurangi. Sehingga kamu harus memilih, jangan sampai mengorbankan hal lain yang justru penting seperti hubungan dengan keluarga dan kesehatan sendiri.


Fokus Tujuan Akhir

Hari pertama kerja sambil kuliah dapat menjadi awal yang menyenangkan dan mendebarkan. Namun seiring berjalannya waktu, kedua tanggung jawab tersebut dapat membuatmu stres. Deadline pekerjaan dan tugas kuliah pun yang bersamaan bisa membuatmu ingin mundur. Meski begitu, ingatlah tujuan awalmu yang ingin mengambil kedua tanggung jawab tersebut. Dengan mengingatnya dan punya satu tujuan akhir, kamu akan lebih semangat dan kuat menjalani kerja sambil kuliah.

Baca juga ya:

Inilah 4 Hal Wajib Kamu Ketahui Bekerja Di Startup Company

Lakukan Perencanaan

Menjalani dua tanggung jawab besar tanpa perencanaan yang tepat bisa membuatmu celaka. Oleh karenanya, mulailah membuat perencanaan dan break down tugas yang harus diselesaikan saat kerja sambil kuliah. Dengan adanya perencanaan, tugas dan tanggung jawabmu akan lebih tertata. Selain itu, manfaatkan pula teknologi yang ada dalam bentuk apapun yang mempermudahkan mu.

Manfaatkan waktu perjalanan kerja dan kuliah

Jika lokasi rumah, kantor dan kampus berjauhan. Sehingga memakan banyak waktu agar sampai di tujuan, maka kamu bisa memanfaatkan untuk banyak hal. Semisal belajar untuk ujian kampus atau mengerjakan tugas tertentu. Jika membawa kendaraan sendiri, bisa juga membuat bahan pembelajaran dalam bentuk audio dan mendengarkannya. Sehingga kamu pun tidak melamun di sepanjang perjalanan nantinya.

Mulititasking

Latihlah kemampuanmu untuk multitasking, mengerjakan lebih dari satu hal dalam satu waktu. Bukan berarti mengerjakan dua tugas kerja sambil kuliah secara bersamaan. Namun terapkan di saat waktu aktivitas yang tidak perlu berfikir banyak. Seperti makan, bersantai atau belajar sambil menghafalkan materi. Sehingga setiap waktu yang sebenarnya ada, bisa dimanfaatkan dengan baik dan kerja sambil kuliah pun bukanlah hal yang mustahil.

Maksimalkan Waktu Liburan

Waktu liburan lebih enak untuk bersantai, namun coba tunda pemikiran seperti itu. Saat liburan aktivitas yang satu, kamu bisa fokus untuk mengerjakan aktivitas lainnya. selama kamu bisa memanfaatkan dan memaksimalkan waktu yang ada, kerja sambil kuliah pun bisa selesai dengan baik.

Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.