fbpx

Data Penting Website Google Analytics

Google analytics merupakan produk Google yang memiliki manfaat sangat besar dalam perkembangan website. Sebab kamu bisa memantau perkembangan website milik sendiri dengan mudah dan tentunya menjadi lebih canggih lagi dalam proses mengembangkannya. Berikut ini adalah 7 data penting website yang bisa dipantau oleh google analytics. Diantaranya,

Visit

Visit dihitung ketika terdapat pengunjung yang mengakses website mu pada waktu tertentu. Misalnya kunjungan langsung dari sosmed atau mesin pencari, maka akan terhitung 1 sebagai visit. Perlu diketahui bahwa hal ini tidak memiliki hubungan dengan berapa banyak halaman web yang dilihat tiap kunjungan.

Unique Visitors

Data yang satu ini sering diartikan sebagai jumlah orang yang berkunjung di website mu. Jika pada visit yang dihitung ialah jumlah kunjungan, maka unique visitor yaitu jumlah orang atau pengunjungnya. Semisal terdapat seseorang yang mengunjungi website mu di pagi dan sore hari, maka google analytics menghitungnya 2 visit dan 1 unique visitor.


Pageviews

Pageviews merupakan banyaknya halaman website yang dilihat oleh orang pada setiap kunjungannya. Semisal terdapat seseorang berkunjung ke website dan melihat halaman dengan urutan home-about-kontak, maka jumlah yang terhitung ialah 3 pageviews. Setiap halaman yang dilihat berulang-ulang kali pun juga tercatat pada pageviews.

Baca artikel menarik lainnya:

Ingin Belajar Web programming bersama Ahlinya? Ikuti Kursus Web Programming di Surabaya

The Most Engaging Content

Sebuah konten dalam website memiliki pengaruh yang sangat besar. Sebab dengan mengetahui konten yang paling dicari atau diklik, maka pemilik bisnis pun dapat membuat perencanaan untuk marketing. Namun untuk sebuah toko bisnis online, selain pelanggan bisa dengan mudah mengakses halaman produk. Mereka juga harus mampu menggunakan konten penting lainnya, seperti About Us atau Terms & Consition.

The social initiatives

Sosial media merupakan alat promosi bisnis yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan saat ini pun google analytics bisa melihat jumlah traffic pada website yang dihasilkan oleh masing-masing sosial media. Seperti facebook, twitter dan sebagainya.

Goals and conversions

Hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis ialah pencapaian sebuah goals. Penetapan goals pun bisa dilakukan dengan beberapa cara pada bagian admin google analytics. Contohnya jumlah sosial share, email subscription dan sebagainya.

SEO Insight

Google analytics tidak hanya mengukur campaign yang berbayar seperti banner ads, melainkan dapat mengukur SEO yang dimilikinya. Kamu bisa melihat keyword apa saja yang membawa paling banyak traffic pada website. Selain itu keuntungannya telah teruji konsumen dan dapat langsung memilah keyword yang akan menghasilkan penjualan paling tinggi.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.