fbpx

5 Tips Wawancara Kerja

Sebagian besar orang saat menghadapi wawancara tentu akan merasakan khawatir, kurang nyaman, keringat dingin, hingga tangan yang lembab dan wajah tampak gugup. Tidak lain tentu kita merasa nervous. Ini merupakan kebiasaan yang normal tapi bisa berdampak kurang baik jika kita tidak menghadapinya dengan benar. Berikut 5 Tip Wawancara Kerja Untuk Menciptakan Kesan yang Mendalam patut anda coba. Sebagai berikut:

Mulai dengan kesan yang baik

Sebelum memulai wawancara, ada baiknya memberikan jabat tangan yang erat dan percaya diri dipasangkan dengan senyum yang tulus kemudian tunjukan etika yang baik dengan duduk tegak dan pandang mata pewawancara saat berbicara

Tangani rasa gugupmu (tapi jangan tenggelam di dalamnya)

Perasaan gugup saat wawancara termasuk hal yang normal, kamu dapat menanganinya dengan cara tarik nafas dengan teratur dan fokus saat menjawab pertanyaan. Selain itu pelajari terkait perusahaan tersebut dan posisi yang kamu inginkan.


Katakan seperti sebuah cerita

Pewawancara lebih menyukai strategi ini, karena membuat mereka benar-benar mengetahui latar belakang dan pengalamanmu.

Artikel Lainnya:

Belajar Komputer Dunia Bisnis dengan Mengikuti Pelatihan Administrasi Perkantoran di Surabaya

Dengarkan dengan seksama dan bereaksi sewajarnya

Saat wawancara dimulai, tetaplah fokus mendengarkan dengan seksama dan abaikan gangguan apapun yang menganggu. Selain itu bereaksilah sewajarnya seperti tersenyum saat pewawancara bergurau atau mengangguk untuk menandakan persetujuanmu karena aktif mendengarkan.

Tunjukkan rasa syukur kepada pewawancara

Bersikaplah sopan dan tetap berperilaku terbaik selama pertemuan berlangsung, jangan lupa berterimakasih kepada mereka karena telah diberi kesempatan tersebut dan tetap menjaga attitude dan sisi terbaikmu.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.