fbpx

Teknologi Terinspirasi dari Hewan

Jika kalian melihat perkembangan teknologi di sekitarmu, ternyata inspirasinya tidak hanya melalui pemikiran manusia saja dengan rumus yang rumit. Justru idenya didapatkan dari alam di sekitar kita. Beberapa hewan di bumi ternyata dapat menjadi inspirasi para peneliti menciptakan 5 Teknologi Terinspirasi dari Hewan berikut, kira-kira apa saja ya?

Hiu

Banyak orang yang nggak percaya jika Hiu menjadi salah satu inspirasi teknologi pada pesawat terbang. Sebagai predator yang sangat buas, hiu memiliki kecepatan yang sangat tinggi untuk memangsa. Ternyata dibalik itu, kunci kecepatannya tidak hanya pada bagian siripnya. Namun terletak pada permukaan kulit yang dikenal sebagai dentikel.

Tokek

Tokek atau cicak memiliki kemampuan menempel pada dinding tanpa terjatuh. Banyak orang bertanya bagaimana cara mereka melakukannya. Pada tahun 2002 peneliti menemukan bahwa ada jutaan rambut pada kaki tokek yang disebut setae untuk membantu mereka menempel pada dinding. Lantas hal ini dikembangkan oleh mahasiswa University of Massachussets untuk menciptakan perekat super yang terinspirasi dari tokek.


Baca artikel menarik lainnya:

Pentingnya Mengikuti Kursus Admin Perkantoran Surabaya Menghadapi Era Industri 4.0

Kelelawar

Hewan satu ini dikenal memiliki kekuatan nokturnal, mereka dapat merasakan adanya objek disekeliling dalam keadaan gelap. Dengan memancarkan frekuensi tinggi yang dapat memantulkan sinyal pada benda di sekelilingnya. Oleh karena itu menjadi inspirasi terciptanya tongkat smartcanes untuk membantu kaum tunanetra mendapatkan feedback berupa getaran pada alat tersebut untuk mengetahui halangan yang ada di depan mereka.

Kupu-kupu

Kamu punya smartphone dengan teknologi anti silau? Rupanya hal ini terinspirasi dari kupu-kupu lho. mereka memiliki sayap dengan prinsip anti silau meskipun berbentuk sangat tipis. Sebuah sistem nanscopic pada kupu-kupu pun diterapkan pada teknologi layar smartphone kekinian.

Rayap

Meskipun termasuk kategori hewan merugikan manusia, para insinyur mempelajari bagaimana cara mereka berkoloni dan memiliki tempat yang kokoh. Hal ini terbukti ampuh mengatur suhu dalam gundukan besar yang mereka buat. Sehingga dapat menjadi inspirasi untuk membangun bangunan hijau atau disebut dengan easgaet center di harare.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.