Teknologi Ruang Angkasa

Saat ini banyak sekali teknologi canggih yang banyak digunakan para astronot dalam menjelajahi ruang angkasa. Hampir semua teknologi ruang angkasa tidak dapat digunakan di bumi, hal ini mengingat keadaan dan kondisi ruang angkasa yang jauh berbeda dengan bumi. Namun tahukah kamu bahwa terdapat teknologi ruang angkasa yang bisa digunakan di bumi? Meskipun diantaranya masih dalam tahap pengembangan. Penasaran teknologi apa yang dimaksud? berikut ulasannya.

Suitport

Suitport merupakan kendaraan yang dirancang untuk para astronot gunakan dalam ruang angkasa. Kendaraan tersebut jauh lebih murah dan kecil dari air lock bahkan penggunaanya pun lebih aman. Kedepannya, kendaraan ini ditujukan bagi para wisatawan sebagai terobosan baru bagi jenis kendaraan di bumi.

CleanSpace One

Terdapat lebih dari 55,000 objek yang beredar diruang angkasa termasuk objek buatan manusia dan puing satelit. Untuk membersihkannya, Federal swiss institut teknologi mengembangkan cleanspace one sebagai pengambil objek kemudian menyeretnya ke bumi. Alat semacam ini sangat efektif untuk membersihkan sampah yang berada di bawah air seperti sungai, laut dan sebagainya.


Artikel lainnya:

Kursus komputer

Komunikasi Berbasis Laser

Salah satu aspek paling penting yaitu komunikasi, sebagai cara mengetahui apakah misi berhasil atau tidak. Sebab pemancar radio yang digunakan cenderung memerlukan banyak kekuatan untuk mengirim transmisi kembali dibumi. Salah satunya laser yang mengirim sinyal ke bumi untuk mengirim data dan video ditingkat 10 sampai 100 kali lebih cepat dari transmisi radio.

Robot Terbang Otomatis

NASA berhasil menciptakan robot terbang bernama Autonomous Extravehicular Robotic Camera (AERCam) untuk memeriksa bagian luar stasiun luar angkasa, menghindari puing-puing dan hambatan lain diruang angkasa. Robot ini sangat berguna untuk memberi informasi yang mirip dengan drone namun robot ini jauh lebih pintar. Oleh karena itu dikembangkan untuk operasi dibumi dengan fungsi yang sama.

Syntetic Biology

Air dan makanan sangat sulit didapatkan di ruang angkasa, oleh karenanya Berkeley Lab Biosciences menciptakan Syntetic Biology sebagai pembuat makanan, minuman dan sebagainya untuk bertahan hidup. Bahkan kedepannya teknologi ini akan dikembangkan dibumi lho!

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Hotline 0-811-3380-114

WhatsApp 085735948460

CS(at)Flashcomindonesia.com

Office Hours

Monday - Saturday  09:00 - 21:00