fbpx

Langkah Meningkatkan SEO WordPress

Terdapat banyak sekali langkah optimasi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan SEO WordPress. SEO atau Search Engine Optimization merupakan ilmu meningkatkan peringkat website pada halaman hasil pencarian google. Hal ini dapat membuat websitemu memiliki banyak pengunjung, apalagi jika kamu menjual produk maupun jasa melalui website. Lantas bagaimana langkah-langkahnya? berikut 14 Langkah Meningkatkan SEO WordPress Website perlu anda perhatikan, diantaranya:

Instal Plugin SEO

Langkah pertama untuk meningkatkan SEO WordPress ialah menginstal plugin, agar lebih efisien pengelolaanya. Hal ini memiliki kontrol penuh dalam melakukan optimasi SEO website. Kamu juga bisa memilih Yoast SEO ataupun All In One SEO Pack, tanpa perlu menggunakan keduanya.

Optimalkan Permalink

Secara default, wordpress menghasilkan permalink yang cukup panjang, sehingga kamu pun harus mengubahnya. Permalink yang disukai oleh Google ialah mengandung judul atau keyword untuk memberikan performa yang lebih baik.


Riset Kata Kunci

Keyword merupakah salah satu faktor pertimbangan google dalam menentukan peringkat di halaman hasil pencarian. Riset ini dapat membantumu mengetahui kata apa yang tepat dan sesuai pada artikel mu. Jika konten mu menggunakan bahasa indonesia, maka gunakan Ahrefs atau Google Keyword Planner.

Baca juga ya:

9 Cara Riset Keyword Paling Jitu Untuk Website

Tentukan Kata Kunci Postingan

Kata kunci yang fokus dapat membuat artikel mudah dipahami oleh pengunjng maupun sistem mesin pencari. Selain itu, langkah ini dapat memenangkan persaingan peringkat pertama di halaman hasil pencarian.

Tentukan Title Tag

Kamu dapat menentukan title tag untuk postingan. Perlu diingat, untuk maksimal karakter yang dapat ditampilkan pada hasil pencarian yaitu 65 karakter. Selain mempengaruhi seo, title tag juga berpengaruh pada Click Through Rate. Sehingga buatlah yang menarik perhatian.

Tentukan Meta Description

Meta description dapat mempengaruhi CTR. Semakin baik metanya, semakin tinggi pula CTR artikel mu. Hal ini juga dapat mempengaruhi peringkat di google. Sebab semakin tinggi CTR, semakin besar pula kemungkinan websitemu tampil di hasil pencarian.

Tag Header

Google akan melakukan pengecekan terhadap tag header Html seperti H1, H2, H3 dan seterusnya untuk menentukan tingkat kerelevan dari konten mu. Pada umumnya artikel hanya mempunyai tag H1 hingga H3 didalamnya. Usahakan tag mengandung unsur keyword.

Alt Text pada Gambar

Tag ALT digunakan oleh untuk menentukan seberapa relevan antara gambar dengan konten yang dibuat, sehingga langkah ini pun cukup penting untuk dilakukan. Untuk menambahkannya, silahkan klik gambar kemudian pilih logo pensil. Setelah itu masukkan deskripsi dari gambar atau keyword dari konten tersebut.

Title Text pada Gambar

Title text sebenarnya tidak berpengaruh pada SEO, namun dapat menambah user experience. Ketika mouse diarahkan pada gambar, maka akan tampil title text dari gambar tersebut. Caranya pun hampir sama seperti menambahkan tag Alt, dengan mengklik gambar dan memilih logo pensil, setelah itu masukkan title text pada kolom image title attribute.

Tambahkan keyword di Paragraf pertama

Kamu perlu menambahkan keyword di paragraf pertama, hal ini dikarenakan google melakukan pengecekan di mulai dari paragraf pertama. Jika kamu menggunakan plugin Yoast SEO dan belum menambahkan keyword di paragraf pertama, maka akan mendapatkan pemberitahuan.

Baca ya:

Anda Ingin Membangun Website Dinamis dan Interaktif? Ikuti Kegiatan Kursus Website di Mojokerto

Beri nama pada file gambar

Tambahkan nama file pada gambar dari konten yang relevan. Semisal DCF001.JPG diganti dengan Flashcom-indonesia.JPG. Jangan lupa gunakan pemisah berupa strip, supaya dapat dibaca oleh google. Jika memungkinkan gunakan keyword pada nama file gambar tersebut.

Tambahkan internal link

Kamu perlu menambahkan internal link yang mengarah pada artikel lain dalam websitemu. Hal ini tentunya berguna untuk membantu pengunjung membaca artikel yang relevan lainnya. Sehingga dapat meningkatkan waktu mereka dalam mengunjungi websitemu. Direkomendasikan 3-5 internal link untuk setiap postingan.

Bangun Backlink

Backlink merupakan faktor yang cukup penting pada sebuah website untuk meningkatkan ranking pada hasil pencarian. Untuk membangunnya, gunakan link langsung dari artikel yang memiliki ranking tinggi pada website mu.

Gunakan HTTPS

Google telah menyampaikan bahwa HTTPS dapat menentukan peringkat website di search engine. Apabila kamu ingin websitenya bersaing di search engine, kaka gunakan https.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.