fbpx

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Blog pribadi maupun blog perusahaan selalu membutuhkan konten atau artikel yang teratur dan berkualitas. dalam artian penulisan harus dapat memberi performa baik di hasil mesin pencarian Google. Sehingga penulis pun harus menguasai cara menulis artikel SEO Friendly atau ramah SEO. Mengingat betapa pentingnya sebuah artikel untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian, berikut 14 Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas tanpa bantuan plugin yang dapat kamu ikuti. Diantaranya,

Pilih Keyword yang banyak dicari

Sesuaikan kata kunci yang kamu gunakan di blog dengan kata kunci yang kemungkinan besar digunakan oleh Audiens. Sebab jika kamu salah menggunakannya, maka hanya membuang-buang waktu saja. Untuk menentukan kelayakan sebuah kata kunci, kamu bisa baca artikel ini.

Focus Keyword Sewajarnya

Gunakan artikel yang sesuai dengan logika pembaca dan tentunya bermanfaat bagi mereka. Sebab perlu diingat, bahwa kamu menulisnya untuk dibaca manusia. Sehingga struktur penulisannya pun disesuaikan dengan logika manusia. Penggunaan focus keyword yang berlebihan pun dapat menurunkan kualitas artikel tersebut.


Pastikan Artikel Menjawab Pertanyaan Para Pencari

Google dapat mengetahui para pencari puas atau tidaknya berdasarkan beberapa indikator seperti lama waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel. Sebab semakin lama waktu yang dihabiskannya, itu menandakan bahwa artikel tersebut memenuhi ekspetasi para pencari.

Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Link internal dapat merujuk pada salah satu artikel di blog mu sendiri, hal ini memungkinkan pembaca mengeksplor artikel lain di blog kamu. Sehingga pembaca mu tidak hanya membaca artikel utama, tetapi juga membaca artikel lainya dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pada blog mu. Di sisi lain, link eksternal dapat meyakinkan pembaca bahwa kamu telah melakukan riset untuk menulis artikel tersebut. Dan tentunya dapat menaikkan ranking website.

Elemen Penting Blog

Artikel di blog tidak hanya terdiri dari kalimat dan paragraf saja, tetapi terdapat beberapa komponen teknis lain seperti URL, Judul Blog, dan heading.

Buat Struktur Artikel

Secara umum, artikel memiliki tiga bagian yaitu pembuka, isi dan kesimpulan. Dengan membuat struktur seperti ini, maka akan memudahkan mu dalam menulis artikel tersebut. Selain itu dapat memudahkan pembaca menemukan apa yang dibutuhkan.

Optimasi Gambar

Memasukkan gambar dalam artikel merupakan langkah bagus agar pembaca tidak bosan, apalagi jika artikelnya panjang. Selain itu terdapat beberapa detail yang perlu kamu perhatikan agar gambar tersebut berfungsi secara optimal. Sebelum mengunggahnya, pastikan nama file gambar yang diunggah sesuai dengan focus keyword yang digunakan.

Artikel Harus Layak Baca

Cara membuatnya agar layak dibaca yaitu ketika sudah selesai menulis artikel, ambilah waktu istirahat beberapa menit/jam. Setelah itu kamu dapat melakukan self-editing atau menyunting mandiri dengan pikiran yang lebih segar. Artikel yang ditulis pun sesuai dengan kaidah penulisan tingginya profesionalitas blog yang dikelola.

Baca juga ya:

Ingin Buat Desain yang Menarik? Ikutilah Kursus Web Design di Sidoarjo

Gunakan Sudut Pandang yang Unik

Dari satu kata kunci memiliki sudut pandang yang berbeda demi mengembangkan fokus keyword tersebut. Ada baiknya kamu menemukan sudut pandang baru yang belum pernah digunakan orang lain. Sebab memiliki sudut pandang yang unik pun dapat membuat artikel tersebut lebih menonjol dibandingkan lainnya.

Paragraf Singkat

Jika menggunakan standar panjang artikel diatas 2500 kata, ada baiknya kamu mengurakikan dalam sejumlah paragram. Sebab artikel di dunia maya cenderung memiliki paragraf yang singkat dan pendek. Selain itu memberi kemudahan pembaca untuk memahami apa yang ditulis.

Perhatikan Relevansi Konten

Tingkat relevansi yang tinggi antar artikel pada web dapat memberi sinyal baik pada google. Dengan begitu kemungkinan, artikel m akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian yang juga meningkat.

Perhatikan Bagian Pembuka

Setelah pembaca melihat judul mu yang menarik, maka tidak serta merta mereka akan membaca seluruhnya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat artikel yang bermanfaat bagi dirinya. Dengan meyakinkan bahwa artikel tersebut telah menjawab pertanyaan atau permasalahan yang dihadapinya.

Manfaatkan Heading dan Subheading

Heading membantu pembaca untuk menemukan garis besar dalam artikel yang dibacanya. Hal ini tentunya memberi kemudahan membaca dalam meningkatkan kepuasan pencari terhadap isi didalamnya. Selain itu dapat membantu Google menemukan pokok bahasan dari artikel yang ditulis sehingga dapat menaikkan peringkat di hasil pencarian.

Unggah Konten Secara Konsisten

Tulis dan unggah artikel secara konsisten bermanfaat untuk para pembaca, sehingga pembaca pun dapat memperoleh informasi aktual dan faktual dari blog mu. Selain itu, dengan selalu mengunggah artikel secara aktif dapat memberikan sinyal bagus pada google.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.