fbpx

101 Rumus Excel Makro

Excel merupakan program mengolah data secara otomatis yang berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan tabel dan sebagainya. Selain itu terdapat berbagai rumus excel makro yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa rumus dasar excel yang sering digunakan oleh seorang pengguna macro agar pekerjaannya lebih efisien. Sebab, pekerjaan yang berulang-ulang kali dan monoton dalam excel, kamu dapat sekali klik jika dengan macro. Langsung aja cekidot.

SUM

Fungsi SUM berguna untuk penjumlahan dengan pemisah (,) yang dapat menjumlah angka per-kolom. Sedangkan jika dengan pemisah (.) kamu bisa menjumlah angka dalam satu range atau satu deret kolom.

COUNT & COUNTA

Count memiliki fungsi untuk menghitung jumlah angka yang ada dalam satu range, baris ataupun kolom dan bukan untuk menjumlahkan. Sedangkan Counta dapat menghitung huruf atau simbol yang ada dalam satu range, baris dan kolom.


LEN

Digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada pada satu sel, spasi yang termasuk dalam hitungan.

TRIM

Fungsi Trim digunakan untuk menghilangkan kelebihan spasi dalam suatu sel.

IF

Fungsi IF sangat sering digunakan dalam fungsi logika atau digunakan untuk mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.

MIN & MAX

Untuk Rumus Min berfungsi sebagai mencari nilai terkecil atau terendah dalam suatu range. Sedangkan Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dalam range.

CONCATENATE

Rumus ini berfungsi sebagai menggabungkan karakter dalam beberapa sel menjadi satu.

Artikel Terkait:

Pentingnya Mengikuti Kursus Admin Perkantoran Serta Prospek Kerja Anda Dapatkan

AVERAGE

Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kumpulan angka pada suatu range. Dan hampir sama dengan Sum dan Count yang merupakan rumus paling dasar.

VLOOKUP & HLOOKUP

Vlookup digunakan untuk mencari dan membandingkan data pada tabel refrensi secara vertical yang mengacu pada kolom paling kiri. Sedangkan Hlookup dilakukan secara horizontal yang mengacu pada data baris paling atas. Kedua rumus ini dapat membantumu dalam menggabungkan dua data yang berbeda dengan refrensi yang sama.

LEFT, MID, RIGHT

Ketiga rumus ini memiliki fungsi yang sama yaitu memisahkan karakter dalam satu sel. Dan yang membedakannya adalah Left memisahkan karakter paling kiri, Mid memisahkan dari tengah, sedangkan Right memisahkan karakter paling kanan.

Selain beberapa rumus di atas, masih terdapat lagi rumus excel makro yang sering digunakan seperti Round, Propper, Upper, Lower, Match, And dan Or, Arabic, dan sebagainya. Dengan adanya beberapa rumus diatas, kamu dapat meringkas lebih banyak waktu dengan menggunakan rumus makro tersebut. Untuk selebihnya kalian dapat melihat langsung pada situs Office.com yang bisa kamu temui ratusan bahkan ribuan rumus secara lengkap dan gratis.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.