fbpx

Tips Mendesain Kartun Animasi

Dalam membuat sebuah film animasi pendek, kalian tentunya harus memiliki ide untuk sebuah cerita dan struktur dari cerita tersebut. Namun sebelum itu kalian harus memahami proses modellingnya dan pastikan untuk menulis dan mengetahui psikologi dari karakter yang kamu buat. Nah, berikut 10 Tips Mendesain Karakter Kartun Animasi Profesional untuk Pemula, diantaranya:

Teknik Pengurangan

Dalam mendesain karakter, buatlah dengan bentuk geometri dasar sehingga sisi emosional dan psikologi mereka lebih menonjol daripada keindahan artistik luarnya.


Bentuk Karakter secara keseluruhan

Pikirkan bentuk karakter yang kamu buat secara keseluruhan, seperti gambar diatas mengunakan bentuk kotak sebagai keseluruhan karakter.

Bentuklah karakter kamu dengan jumlah polygon count yang sedikit

Dalam membuat bagian badan, ada baiknya menggunakan edge loop agar hasilnya lebih tajam dan krispi. Selain itu poligon yang rendah dapat membantumu lebih cepat dan mudah dalam modifikasi bentuknya.

Style dari tekstur

Buatlah tekstur karakter yang simpel dan sebersih mungkin, dan hindari tekstur yang kelihatan realistiknya.

Simetri versus asimetri

Dalam seni melukis tentunya akan muncul desain asimetri secara natural, kecuali jika kamu mengubah nya.

Tajam versus melengkung

Dalam sebuah badan karakter, kamu akan menyadari bahwa tidak sepenuhnya bentuknya melengkung, melainkan terlihat krispi atau tajam di berbagai area lipatan. hal ini untuk menciptakan kontras pada desain karakter tersebut.

Baca Lainnya:

Membuat Karakter Animasi dengan Kursus Animasi di Surabaya

Desain sesuatu yang berkebalikan atau sangat berbeda

Pastikan desain karaktermu memiliki style yang sama jika kamu memiliki lebih dari satu karakter dalam film animasi. Namun kamu perlu mendesain sesuatu yang sangat berbeda untuk membuat karaktermu terlihat unik.

Ciptakan karakter yang memiliki konflik batin dengan sekitarnya agar penonton memiliki rasa simpati terhadap karakter yang kamu buat.

Lingkungan dan objek dapat menghidupkan karaktermu

Desainlah objek yang berhubungan dengan sifat karaktermu agar terasa lebih hidup dan menarik. Selain itu desai bagian latarnya untuk mengsuplemen karakter yang kamu buat.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.