fbpx

Profesi yang Tidak Bisa Digantikan Teknologi

Di zaman serba canggih ini, teknologi semakin berkembang dengan cepat. Banyak pekerjaan yang dikerjakan manusia telah tergantikan dengan teknologi. Sesuai wacana jika robot diprediksi akan mampu menggantikan berbagai pekerjaan yang dilakukan manusia. Tapi jangan khawatir, nggak berlaku untuk 10 Profesi yang Tidak Bisa Digantikan Oleh Teknologi dibawah ini. Diantaranya,

Bidan

Bidan merupakan salah satu profesi yang membantu proses melahirkan. Coba bayangkan jika profesi ini diambil alih oleh robot, mungkin akan sulit untuk memprogramnya. Apalagi proses kelahiran itu membutuhkan sentuhan manusiawi dan menuntun ibu hamil dalam melahirkan. Apakah kamu mau jika proses kelahiran mu nanti dibantu oleh robot?

Psikiater

Biasanya jika konsultasi membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidangnya, apalagi yang bisa memberi solusi sesuai keinginan. Lantas bagaimana kalau manusia konsultasi ke robot? Tentu saja nggak bisa memiliki perasaan sensitif. Oleh karenanya, nggak ada robot yang bisa memahami sifat emosional manusia. Sebab empati merupakan sesuatu yang nggak bisa diprogram & digantikan oleh teknologi apapun.


Dokter Umum

Dokter umum dapat membuat diagnosa pasien berdasarkan logika textbook. Sehingga banyak orang yang mengira bisa digantikan oleh robot. Akan tetapi, robot tidak bisa melakukan konsultasi medis pada pasien. Karena masalah kesehatan banyak yang bersifat pribadi dan berbeda satu sama lain.

Guru Anak-anak

Seorang guru dituntut untuk menjadi teladan bagi muridnya, sebab anak-anak akan berlatih dengan meniru dari contoh yang ada. Sosok guru memanglah penting untuk tumbuh kembang anak. Namun, bagaimana mungkin jika manusia membiarkan anaknya berperilaku seperti robot?

Insinyur Robot

Robot pintar dibuat oleh manusia yang pintar, sehingga insinyur robot pun harus tetap ada untuk menciptakan berbagai robot pintar lainnya. kecuali jika mereka dapat membuat robot yang menghasilkan robot lain seperti di film yang mungkin diambil alih oleh mesin.

Artikel Lainnya:

Anda Sedang Cari Kursus Komputer Bersertifikat Surabaya? Dapatkan Disini!

Seniman

Sama halnya dengan penulis, seniman merupakan pekerjaan sulit digantikan robot. Sebab robot tidak memiliki kreativitas bahkan sulit meniru apa yang seniman pikirkan. Mereka selalu berpikir out of the box dalam tiap karyanya. Jika terdapat robot menjadi seniman, mungkin gambarnya akan monoton guys !

Pengasuh Anak

Mungkin buat orang tua yang sibuk bekerja bakal meminta  bantuan pengasuh anak untuk merawat anaknya. Akan tetapi orang tua tidak sembarang memilih perawat, apalagi jika diasuh oleh robot. Sedangkan robot sendiri nggak akan bisa menangani sifat anak yang selalu ingin tahu. Bisa jadi si anak akan mengutak-atik robot pengasuhnya hingga rusak dan dibuat mainan deh.

Analisis Kesehatan

Profesi ini bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia. Seperti penentuan jenis penyakit, penyebabnya dan kondisi yang berpengaruh pada kesehatan seseorang. Apakah robot bisa bekerja seperti ini?

Petani Organik

Meskipun sudah terdapat mesin pengolah kebun area luas, namun perhatian terhadap hewan dan tanaman nggak bisa digantikan dengan yang lain kecuali manusia. Pengetahuan aktivitas pertanian pun banyak didapat berdasarkan pengalaman. Lantas siapa yang bisa memprogram pengalaman?

Penulis

Robot tidak memiliki imajinasi dan kreativitas seperti manusia, oleh karenanya penulis menjadi salah satu pekerjaan yang sulit tergantikan oleh robot. Terlebih lagi penulis dongeng dan cerita fiksi lainnya. Nggak bakal ada yang bisa menciptakan dongeng yang penuh inspirasi kecuali manusia itu sendiri.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.