IT training provider DAFTAR ONLINE

Bahasa pemrograman juga dikenal dengan nama bahasa komputer, yang digunakan para programmer dalam menjalankan program sesuai dengan aturan logika yang ditentukan. Jika sebuah bahasa bisa dimengerti oleh komputer, maka seorang programmer pun dapat mengatur data yang perlu diolah sesuai dengan instruksi yang dibuat. Jika membuat website pun tentunya membutuhkan pengetahuan mengenai bahasa pemrograman, sebab web terbuat dari baris-baris kode yang menjadi sebuah file. Berikut ini macam-macam bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan dalam membuat website. Diantaranya,

Java

Bahasa pemrograman website yang paling populer tahun 2018 yaitu Java, hal ini berdasarkan persentase pencarian sebesar 22,62% pada google. Java dikembangkan pada tahun 1991 dan dirilis pada 23 mei 1995. Sejak saat itu bahasa pemrograman java pun langsung naik dan menjadi paling favorit. Dengan kekuatan open source yang mudah berkembang dan dikenal oleh banyak pengembang.

Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 yang digunakan oleh perusahaan besar dalam pengembangannya seperti NASA, instagram, google dan sebagainya. Jika dikategorikan dalam tingkatan bahasa komputer, maka phyton tergolong dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi dari website dan mobile.

Javascript

Javascript menempati urutan ketiga setelah python yang mampu mengembangkan website menarik dan interaktif. Banyak sekali website yang menggunakan javascript pada kode program didalamnya. Penggunaannya pun mengarah pada pengembangan aplikasi mobile, game dan desktop. Oleh karena itu menjadi bahasa pemrograman populer dikalangan pengembang website.

Baca artikel lainnya: Fakta Unik Dibalik Bahasa Pemrograman PHP yang Melegenda

PHP

Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung PHP yaitu apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah. Pengembangannya pun cukup mudah, sebab banyak developer yang siap membantu dalam pengembangan.

C#

C# mempunyai memiliki kelebihan sebagai bahan pertibangan seperti flexible yang dapat di eksekusi di mesin komputer sendiri atau ditransmiskan melalui web. Powerful yang memiliki sekumpulan perintah seperti C++ dengan kaya fitur yang lengkap. Serta easy to use memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++.

C

Jika kamu seorang programmer, pasti pernah mendengar bahasa yang satu ini. C merupakan bahasa primadona beberapa orang dalam mengembangkan website atau aplikasi lainnya. Dengan memiliki kelebihan seperti banyaknya operator yang bisa ditemui dalam bahasa pemrograman untuk manipulasi data.

R

Bahasa R merupakan bahasa pemrograman berbasis interpreter, sehingga eksekusi suatu aplikasi dengan bahasa R membutuhkan program code yang panjang dan tentunya membutuhkan waktu relatif lama.

Objective-C

Objective-C merupakan bahasa yang berorientasi objek yang digunakan oleh Apple dalam mengembangkan perangkatnya seperti sistem operasi OS X dan iOS serta untuk mengembangkan application programming interfaces. Sehingga dapat disebut bahasa ini eksklusif.

Swift

Bahasa Swift merupakan bahasa pengantar untuk pengembang Mac, dan iOS yang menjadi platform utama Apple. Bahasa pemrograman ini dianggap aman sebab  memiliki manajemen memori yang sangat bagus dan membuat para developer tidak perlu takut terjadi permasalahan terkait manajemen memori.