Student needs and Flexible schedule DAFTAR ONLINE

4 Software Desain Grafis

Memang cukup banyak beredar software desain grafis pada Internet, akan tetapi ada beberapa software desain grafis yang hampir tak pernah pudar bahkan terus berkiprah ditengah persaingan industri graphic design. Dari beragam software desain grafis tersebut, sedikitnya ada 4 software desain grafis yang paling populer hingga sepanjang masa. Berikut ini dapat Anda download pada link resminya ke-empat software tersebut, dan pula dapat Anda perhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing software tersebut jika ingin menggunakannya terlebih dahulu.

  1. Adobe photoshop
  2. CorelDRAW
  3. Adobe Illustrator
  4. Adobe InDesign

Adapun kelebihan dari software Adobe Photoshop, yaitu: Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya. Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya. Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel. Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Sedangkan kelemahan dari software Adobe Photoshop adalah hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

Software Desain Grafis

Berikut ini kelebihan coreldraw dalam hal desain grafis :

  1. Gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
  2. Selain karena tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari
  3. Coreldraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih mudah dengan coreldraw.
  4. Dukungan forum dan komunitas coreldraw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna coreldraw lainnya di seluruh dunia.
  5. Exim (export-import) format grafis yang didukung sangat banyak sehingga membantu kompatibilitasnya
  6. Mempunyai banyak tools dan effect yang memudahkan pembuatanobjek vector (garis, lengkung, kotak) terutama dalam mendesain/redesign logo
  7. Untuk duplikasi objek banyak satu angkah yang bias digunakan misalnya dengan menekan tombol ‘+’ pada keypad, Ctrl+D, copy paste, Effect Blend, mirror transform, dll
  8. Font bawaan CorelDraw sangat banyak sehingga mencukupi dalam pembuatan logo, dll

Sedangkan untuk kekurangan dari CorelDRAW sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.
  2. Tidak user friendly untuk fitur power clip-nya
  3. Tempat produksi terkadang ada yang ngga support

Melansir dari berbagai situs yang salah satunya ditemukan situs yang membahas pula kelebihan dari Adobe Illustrator, yaitu:

  1. Mudah diintegrasikan dengan software Adobe yang lain.
  2. Untuk pengerjaan ilustrasi sangat powerful dan ringan.
  3. Fitur lengkap, seperti palet layar di Adobe Photoshop yang sering digunakan desainer grafis untuk mengkoordinasi layar.
  4. Memiliki beberapa efek yang ada di photoshop.
  5. Dapat membuka file-file besar, tanpa ada gejala lag.
  6. Kualitas warnanya sangat baik, warna output di monitor dengan print outnya hampir mendekati sama.
  7. Warna tampilan interface yang menarik, apalagi Adobe Illustrator CS 6 keluar dengan tampilan baru warna hitam yang menambah kesan sangar pada produk Adobe tersebut.

Baca pula artikel lainnya secara GRATIS yang berjudul:

Sedangkan bersama dengan FLASHCOM INDONESIA anda bisa mengikuti kegiatan kursus ataupun pelatihan desain grafis secara profesional dan tentu bersertifikat. Layanan pelanggan kami saat ini telah dapat dihubungi melalui Whatsapp 0857 3594 8460 atau melalui Hotline 0811 3380 114